Tingkatkan Kapasitas, Pemprov Gelar Pelatihan Dip


  • Diposting Pada: 19 January 2016
  • Oleh: rani

PALANGKA RAYA – Guna meningkatkan kapasitas pengelolaan informasi dan dokumentasi di setiap Badan Publik lingkup Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumetasi (PPID) Utama Provinsi Kalimantan Tengah menggelar pelatihan penyusunan Daftar Informasi Publik (DIP) pada Senin, 7 Desember 2015.

Kegiatan dilaksanakan di Aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur Kalimantan Tengah, Palangka Raya dan dibuka oleh Staf Ahli Gubernur, Ir. Darmawan, mewakili Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah, Dr. Siun Jarias, SH, MH, yang berhalangan hadir.
Bekerjasama dengan Jari Indonesia Kalimantan Tengah, kegiatan pelatihan yang dimulai sekitar pukul 09.00 WIB hingga sore hari ini menghadirkan narasumber dari The Indonesian Center for Environmental Law (ICEL), Citra Hartati, yang mengupas tentang penyusunan DIP, serta narasumber dari Komisi Informasi Kalimantan Tengah, Satriadi, yang memaparkan mengenai prosedur dalam menghadapi sengketa informasi.
Kepala Biro Humas dan Protokol, Dra. Marianitha, mengatakan bahwa dalam rangka memperkuat fungsi PPID di lingkup Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, maka digelar pelatihan penyusunan DIP ini. “Ini untuk mendorong keterbukaan informasi di seluruh SKPD,” katanya.
Ditambahkannya, “Melalui kegiatan ini juga akan semakin memperkuat koordinasi antara PPID Utama dan PPID-PPID Pembantu di lingkup Pemprov Kalteng.”
Sementara itu, di akhir acara para peserta diajak untuk merumuskan rencana langkah tindak lanjut bagi kemajuan pelayanan informasi publik di lingkup Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah. Sejumlah langkah tindak lanjut tersebut, antara lain perbaikan dan pemutakhiran DIP yang telah ada saat ini di masing-masing PPID Pembantu jang jangka waktu yang akan ditentukan kemudian. Selanjutnya direncanakan untuk pembentukan Forum PPID dan pertemuan secara berkala untuk memperkuat koordinasi. Disinggung pula mengenai Standar Operasional Prosedur (SOP) PPID Utama Provinsi Kalimantan Tengah yang telah disempurnakan dan akan segera disosialisasikan.